Chinese Coin Statue

Uang kepeng Cina menjadi sarana upakara yang sangat penting bagi masyarakat Hindu Bali. Umat Hindu Bali sangat meyakini bahwa uang kepeng Cina ini mengandung Panca Datu dan dipercaya dapat menentukan nilai dari sebuah upacara. Panca Datu merupakan perpaduan 5 (lima) jenis logam mulia dengan malalui upacara Pasupati (Urip-urip) dapat membangun energi spiritual “taksu” pelinggih atau bumi. Pentingnya uang kepeng Cina dalam ritual keagamaan masyarakat Hindu Bali, membuat uang kepeng Cina menjadi sarana upakara yang vital dan bermakna khusus. Hubungan Bali dengan Cina terkait  penggunaan uang kepeng, untuk mempererat hubungan Cina dengan masyarakat Bali terungkap dalam sebuah cerita rakyat. Dikisahkan seorang raja Bali kuna yang bernama Jaya Pangus (anak dari Siwa Gandu) ingin kawin dengan putri Cina yang bernama Kang Chi Wie. Perkawinan ini tidak disetujui oleh ayah raja, akan tetapi sang raja bersikeras ingin mengawininya. Akhirnya Kang Chi Wie meminta persyaratan untuk tetap bersatunya masyarakat Bali dengan Cina, agar Uang Kepeng Cina

dipergunakan dalam upacara-upacara ritual agama (uang kepeng kuci). Sejak saat itu putrinya disebut Balingkang (perpaduan antara raja Bali yang kawin dengan putri Cina) dari Marga (She) Kang. I Made Rawi kelahiran Banjar Kawan Desa Mas tahun 1967, sejak tahun 1990 mulai mencoba membuat usaha perakitan Uang Kepang menjadi berbagai jenis patung dewa-dewi di tempat kerjanya di Bali Coin. Anda akan kami jemput di hotel setelah sarapan pagi untuk workshop singkat bagaimana cara merangkai uang kepeng dalam waktu tertentu dan anda juga bisa membeli kerajinan uang kepang di Bali Coin tempat workshop. Siang kami akan ajak anda beristrihat untuk menikmati makan siang disalah satu warung di desa. Workshop berlanjut sampai sore dan anda kami antar balik ke hotel.

Harga: Rp. 500,000 per orang minimal 2 orang. Sudah termasuk: Transfer pulang pergi dengan mobil, sopir, guide lokal, donasi workshop, minuman ringan , makan siang dan sertifikat.

Booking

Noted : (*) is required.

Add 6 to 4, what do you get?
Booking Via WhatsApp Booking Via Email

Have a question?

Click the button below to get more information

Contact Us